teknik fotografi utk science lab

Memperhatikan beberapa foto maupun video Profil 50 tahun ITB yang dibuat saat ini, meskipun sudah cukup bagus, namun mungkin ada beberapa butir saran untuk peningkatan bagi pembuatan versi-versi berikutnya:

(1) Pemilihan sudut pengambilan dan penggunaan lensa sudut lebar

Menurut yang saya amati, sudut pengambilan yang dipilih pada pembuatan video “profil 50 tahun itb” mungkin belum begitu optimum, belum nampak bisa menonjolkan kesan keindahan pandangan perspektif bangunan-bangunan di kampus. Sebagai perbandingan, saya menemukan kumpulan foto-foto kampus yang dibuat seorang alumnus itb yang sudut pengambilannya saya lihat “lebih optimum”:


http://irfanchemist.wordpress.com/2009/06/23/itb-campus

Di samping itu, penggunaan lensa sudut lebar (wide angle lens) untuk obyek-obyek tertentu baik bagian exterior maupun interior bangunan mungkin akan lebih bisa menonjolkan keindahan perspektifnya. Di bawah ini saya cantumkan contoh foto (dari internet), yang satu menunjukkan sebuah gang/koridor, yang bisa dijadikan referensi untuk men “shoot” koridor-koridor di dalam lab maupun di luar bangunan kampus ITB. Gambar yang satu “mengingatkan” saya pada pemandangan interior aula barat, jadi mungkin bisa dijadikan acuan untuk memilih sudut pengambilan yang optimal, misalnya pada saat acara-acara tertentu di aula barat.

wide_corridor 
 wide_aula

 

(2)Teknik Pencahayaan

Yang kedua adalah mengenai teknik pencahayaan untuk foto-foto di dalam ruang laboratorium. Saya sudah cukup sering memperhatikan foto-foto lab yang dibuat untuk brosur lembaga-lembaga riset terkemuka ataupun produsen peralatan lab hitech, yang seringkali menggunakan teknik pencahayaan yang khusus untuk lebih menonjolkan kesan “scientific” ataupun “hitech”

Ini misalnya dicapai dengan menggelapkan ruangan, lalu menambahkan cahaya dengan warna-warni tertentu, umumnya warna biru sebagai warna latar, di tambah warna merah. Kadang-kadang warna hijau berpendar/flourosence digunakan jika obyek yang ditampilkan memang sesuai, misalnya senyawa organik tertentu yang mempunyai efek berpendar.

tem_microscope

foto iklan peralatan mikroskop elektron. dapat dilihat penggunaan cahaya biru pada dinding latar belakang

inside_lab_00

foto lab yang kebetulan memang menggunakan perangkat optik seperti Laser. Tetapi di latar belakang nampak ditambahkan cahaya biru/ungu pada plafon

ion_implanter

foto iklan peralatan Ion-implanter utk wafer-fab, sudah jelas bahwa cahaya biru dan ungu di belakang dan di depan itu merupakan cahaya tambahan, di dalam sebuah ruang yang digelapkan

diffusion_furnace

peralatan tungku difusi di dalam wafer-fab. Di sini kebetulan memang dalam kenyataan digunakan cahaya kuning, jadi bukan penambahan cahaya yang disengaja

inside_lab_01

foto ini memperlihatkan tempat penyimpanan wafer pada sebuah wafer-fab. Nampak pada latar belakang ditambahkan cahaya merah/jingga

 

(3) Efek “CSI” 🙂

Kalau kita perhatikan adegan-adegan di dalam film seri TV CSI, akan sering kita jumpai adanya koleksi zat-zat kimia atau reagents yang warna-warni di dalam “lab. forensik” yang digunakan. Tentu saja zat-zat ini hanya bohong-bohongan (fake) , yang mestinya kurang tepat untuk ditiru di dalam pembuatan video profil sebuah lab/lembaga riset beneran :-). Tetapi tidak ada salahnya memilih zat-zat kimia (reagen) yang beneran yang warnanya memang menarik, seperti spiritus atau zat organik yang berpendar. Keempat foto di bawah ini memperlihatkan pemandangan atau adegan di dalam sebuah laboratorium forensik atau di TKP, 3 di antaranya dari film serial TV CSI. Dapat dilihat secara jelas penggunaan cahaya warna biru dan kuning yang dominan untuk menonjolkan kesan suasana “scientific”.

 

 csi2
 CSI: CRIME SCENE INVESTIGATION
 csi4
 csi3
Iklan

1 Komentar

  1. Hanster said,

    September 3, 2009 pada 5:01 pm

    Thx bgt utuk infonya..
    Saya book mark..
    Saat ini saya Lg bLajar teknik mengambiL gambar..

    Gabung di forum q yuk..
    Kita ngobrol2 dsna bersama teman yg lain.. ^_^
    http://wordfusion.co.cc/forum


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: